Kamis, 11 Juni 2015

ARTIKEL TUTORIAL SIMPLE GAME MENGGUNAKAN GAME MAKER

ARTIKEL TUTORIAL SIMPLE GAME MENGGUNAKAN GAME MAKER
Pada tutorial kali ini membuat permainan sederhana dengan menggunakan software Game maker 8.0 Pro. Game Maker 8.0 Pro adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker 8.0 hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D. Tetapi anda tidak bisa membuat game sekelas dengan Eart of empire II pada aplikasi ini, karena ketersediaan alat pada game maker 8.0 sangat terbatas. Sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2 dimensi saja.
Dari uraian tersebut permainan sederhana yang akan dibuat hanya membuat 3 objek 2D yaitu tembok, player dan musuh. Objek tembok akan dibuat sesuai bentuk yang diinginkan, objek musuh akan dibuat dengan warna merah sehingga terkesan seram. Pemberian musuh dan peletakkannya menyebar agar player terhalangi, sedangkan objek player akan dibuat hanya 1 player jika player bertemu musuh maka player akan kembali di posisi awal bermain. Berikut tutorial simple game dengan menggunakan Game Maker 8.0 Pro :
·         Bukalah software Game Engine Game Maker pada desktop.
·         Klik Sprite Properties, ubah nama sprites menjadi “Player”.
·        Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite, pada tampilan Create a new sprite Width 32 dan Height 32 lalu klik OK.
·         Setelah Image Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
·      Klik tools oval untuk membuat karakter wajah player yang akan dibuat, lalu klik pencil beri warna hitam untuk menggambar mata, hidung, mulut dan disesuaikan dengan size pencilnya.
·         Klik fill with color untuk memberi warna karakter player dengan memberi warna kuning, lalu klik check list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada Sprite Properties karakter yang dibuat sudah selesai.
·         Klik Sprite Properties, ubah nama sprites menjadi “Musuh”.
·        Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite, pada tampilan Create a new sprite Width 32 dan Height 32 lalu klik OK.
·         Setelah Image Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
·       Klik tools rounded rectangle untuk membuat karakter wajah musuh yang akan dibuat, lalu klik pencil beri warna hitam untuk menggambar mata, hidung, mulut dan disesuaikan dengan size pencilnya.
·       Klik fill with color untuk memberi warna karakter musuh dengan memberi warna merah, lalu klik check list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada Sprite Properties karakter yang dibuat sudah selesai.
·         Klik Sprite Properties, ubah nama sprites menjadi “Tembok”.
·       Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite, pada tampilan Create a new sprite Width 32 dan Height 32 lalu klik OK.
·         Setelah Image Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
·     Klik tools rectangle untuk membuat karakter tembok yang akan dibuat, lalu klik pencil beri warna hitam untuk menggambar tembok dan disesuaikan dengan size pencilnya.


·         Klik fill with color untuk memberi warna karakter tembok dengan memberi warna hitam pada sisi setengahnya dan sisi setengahnya beri warna abu-abu, lalu klik check list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada Sprite Properties karakter yang dibuat sudah selesai.
·         Klik Objects Properties, pilih Sprite player, ubah nama objects menjadi “Player”.
·         Klik Objects Properties, pilih Sprite musuh, ubah nama objects menjadi “Musuh”.
·    Klik Objects Properties, pilih Sprite tembok, ubah nama objects menjadi “Tembok”, check list solid.
·         Kemudian klik Player pada Objects Properties, klik Add Event lalu klik Keyboard lalu pilih “<left>”, klik Move pilih Direction “←” dan Speed beri angka “3”, klik OK.
·        Klik Add Event lalu klik Keyboard lalu pilih “<right>”, klik Move pilih Direction “→” dan Speed beri angka “3”, klik OK.
·    Klik Add Event lalu klik Keyboard lalu pilih “<up>”, klik Move pilih Direction “↑” dan Speed beri angka “3”, klik OK.
·       Klik Add Event lalu klik Keyboard lalu pilih “<down>”, klik Move pilih Direction “↓” dan Speed beri angka “3”, klik OK.
·   Klik Add Event lalu klik Keyboard lalu pilih “<no key>”, klik Move  pilih Direction ditengah.
·      Klik Add Event lalu klik Collision pilih musuh, klik main1 pilih jenis yang kita pakai, pada Transition pilih “Create from center” lalu klik OK.
·         Klik Add Event lalu klik Collision pilih tembok, klik Move pilih Direction ditengah.
·         Kemudian klik Musuh pada Objects Properties, klik Add Event lalu klik Create lalu klik Move pilih “↓←→↑” Speed beri angka “2”, klik OK.
·         Klik Add Event lalu klik Collision pilih tembok, lalu pilih pada Jump ubah precise “not precisely” dan against “solid objects” klil OK.
·         Klik Room Properties, ubah snap X menjadi “32” dan snap Y menjadi “32”, object to add left mouse pilih tembok untuk meletakkan dimana tembok yang akan dibuat.
·     object to add left mouse pilih player untuk meletakkan dimana player yang akan dimulai.
·         object to add left mouse pilih musuh untuk meletakkan dimana musuh yang akan diletakkan, letakkan sesuai yang kita inginkan dan berapa banyak musuhnya.
·         Klik check list jika sudah selesai, lalu klik Run untuk memulai permainan.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar