ARTIKEL
TUTORIAL SIMPLE GAME MENGGUNAKAN GAME MAKER
Pada tutorial kali ini membuat permainan
sederhana dengan menggunakan software Game
maker 8.0 Pro. Game Maker 8.0 Pro adalah sebuah aplikasi yang biasa
digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker 8.0
hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D. Tetapi anda tidak bisa
membuat game sekelas dengan Eart of empire II pada aplikasi ini, karena
ketersediaan alat pada game maker 8.0 sangat terbatas. Sehingga para pembuat
game biasanya membuat game 2 dimensi saja.
Dari uraian tersebut permainan sederhana yang
akan dibuat hanya membuat 3 objek 2D yaitu tembok, player dan musuh. Objek
tembok akan dibuat sesuai bentuk yang diinginkan, objek musuh akan dibuat
dengan warna merah sehingga terkesan seram. Pemberian musuh dan peletakkannya
menyebar agar player terhalangi, sedangkan objek player akan dibuat hanya 1
player jika player bertemu musuh maka player akan kembali di posisi awal
bermain. Berikut tutorial simple game dengan menggunakan Game Maker 8.0 Pro :
·
Bukalah
software Game Engine Game Maker pada desktop.
·
Klik Sprite
Properties, ubah nama sprites menjadi “Player”.
· Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite,
pada tampilan Create a new sprite Width
32 dan Height 32 lalu klik OK.
·
Setelah Image
Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
· Klik tools oval untuk membuat karakter wajah player yang akan dibuat, lalu
klik pencil beri warna hitam untuk
menggambar mata, hidung, mulut dan disesuaikan dengan size pencilnya.
·
Klik fill
with color untuk memberi warna karakter player dengan memberi warna kuning,
lalu klik check list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada Sprite Properties
karakter yang dibuat sudah selesai.
·
Klik Sprite
Properties, ubah nama sprites menjadi “Musuh”.
· Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite,
pada tampilan Create a new sprite Width
32 dan Height 32 lalu klik OK.
·
Setelah Image
Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
· Klik tools rounded rectangle untuk membuat karakter wajah musuh yang akan
dibuat, lalu klik pencil beri warna
hitam untuk menggambar mata, hidung, mulut dan disesuaikan dengan size pencilnya.
· Klik fill
with color untuk memberi warna karakter musuh dengan memberi warna merah,
lalu klik check list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada Sprite Properties
karakter yang dibuat sudah selesai.
·
Klik Sprite
Properties, ubah nama sprites menjadi “Tembok”.
· Kemudian klik Edit Sprite, klik New Sprite,
pada tampilan Create a new sprite Width
32 dan Height 32 lalu klik OK.
·
Setelah Image
Maker Player terbuka, zoom tempat objek yang akan dibuat.
· Klik tools rectangle untuk membuat karakter tembok yang akan dibuat, lalu klik
pencil beri warna hitam untuk
menggambar tembok dan disesuaikan dengan size
pencilnya.
·
Klik fill
with color untuk memberi warna karakter tembok dengan memberi warna hitam
pada sisi setengahnya dan sisi setengahnya beri warna abu-abu, lalu klik check
list untuk mengakhirinya. Dan klik OK pada
Sprite Properties karakter yang
dibuat sudah selesai.
·
Klik Objects
Properties, pilih Sprite player,
ubah nama objects menjadi “Player”.
·
Klik Objects
Properties, pilih Sprite musuh,
ubah nama objects menjadi “Musuh”.
· Klik Objects
Properties, pilih Sprite tembok,
ubah nama objects menjadi “Tembok”,
check list solid.
·
Kemudian klik Player pada Objects
Properties, klik Add Event lalu
klik Keyboard lalu pilih “<left>”, klik Move pilih Direction “←” dan Speed beri
angka “3”, klik OK.
· Klik Add
Event lalu klik Keyboard lalu
pilih “<right>”, klik Move pilih Direction “→” dan Speed beri
angka “3”, klik OK.
· Klik Add
Event lalu klik Keyboard lalu
pilih “<up>”, klik Move pilih Direction “↑” dan Speed beri
angka “3”, klik OK.
· Klik Add
Event lalu klik Keyboard lalu
pilih “<down>”, klik Move pilih Direction “↓” dan Speed beri
angka “3”, klik OK.
· Klik Add
Event lalu klik Keyboard lalu
pilih “<no key>”, klik Move pilih Direction ditengah.
· Klik Add
Event lalu klik Collision pilih
musuh, klik main1 pilih jenis yang
kita pakai, pada Transition pilih “Create from center” lalu klik OK.
·
Klik Add
Event lalu klik Collision pilih
tembok, klik Move pilih Direction
ditengah.
·
Kemudian klik Musuh pada Objects
Properties, klik Add Event lalu
klik Create lalu klik Move pilih “↓←→↑” Speed beri angka “2”,
klik OK.
·
Klik Add
Event lalu klik Collision pilih
tembok, lalu pilih pada Jump ubah
precise “not precisely” dan against “solid objects” klil OK.
·
Klik Room
Properties, ubah snap X menjadi
“32” dan snap Y menjadi “32”, object to add left mouse pilih tembok
untuk meletakkan dimana tembok yang akan dibuat.
· object
to add left mouse pilih player untuk meletakkan dimana player
yang akan dimulai.
·
object
to add left mouse pilih musuh untuk meletakkan dimana musuh
yang akan diletakkan, letakkan sesuai yang kita inginkan dan berapa banyak
musuhnya.
·
Klik check list jika sudah selesai, lalu klik
Run untuk memulai permainan.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar